MANFAAT DAGING TOKEK

Manfaat Daging Tokek
======================







Selama ini daging tokek hanya dianggap sebagai obat penyakit kulit yang mujarab. Tapi, siapa yang pernah mengira jika daging tokek juga memiliki manfaat untuk obat seperti Obat Titan Gel dan dapat meyembuhkan penyakit  HIV/AIDS, tumor dan bahkan kanker. Kepercayaan terhadap manfaat daging tokek inilah yang kemudian membuat hewan berjenis cicak besar ini banyak diburu dan memiliki harga cukup mahal.

Cara pemanfaatan tokek untuk kesehatan adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Mungkin, Anda akan jijik bengitu pertama kali mendengar. Tapi, percayalah, daging tokek memiliki rasa yang enak dan hampir menyerupai ikan kering. Dagingya berwarna putih seperti daging ikan, sehingga jika dipotong kecil-kecil Anda tak akan menyadari jika Anda sedang memakan tokek.

Lalu, apa saja manfaat daging hewan merayap ini? Berikut kami rangkumkan manfaat dan khasiat daging tokek untuk kesehatan.





1. Melawan Sel Tumor

Prof Wang dari Universitas Henan pernah melakukan penelitian mengenai manfaat daging tokek untuk melawan sel tumor. Pada penelitian ini digunakan seekor tikus sebagai bahan eksperimen. Mulanya, sel tumor manusia ditransplantasikan dalam tubuh tikus. Selanjutnya, tikus disuntik dengan serum tokek.

Hasilnya, serum tersebut dapat memperkuat energi tubuh, meningkatkan respon sistem imun, dan juga menginduksi sel tumor apaptosis (membuat sel tumor membunuh dirinya sendiri).
2. Melawan Kanker

Khasiat daging tokek lainnya yang sangat jarang diketahui adalah untuk menyembuhkan kanker. Jika dikonsumsi secara rutin, daging hewan longturnal ini dapat menghambat protein VEGF dan bFGF, yakni faktor pendukung berkembangnya kanker.
3. Menambah Stamina

Layaknya manfaat daging lainnya, tokek juga memiliki kandungan protein tinggi yang mampu mengisi energi tubuh. Karenanya, sate tokek dapat menjadi menu andalan saat tubuh terasa lelah atau loyo.
4. Meningkatkan Vitalitas Pria

Jika Anda memiliki masalah ranjang, menu sate tokek juga bisa menjadi solusi. Daging tokek dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pria sehingga mampu bertahan lebih lama. Bagian tokek yang dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas adalah daging pada bagian pangkal ekor.
5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mengkonsumsi tokek dapat menjadi asupan protein andalan. Protein inilah yang kemudian mempercepat penyembuhan luka dan juga meregenerasi kembali otot-otot yang rusak akibat sayatan. Karena alasan inilah, banyak yang percaya jika tokek atau tekek dapat mempercepat proses pemuihan pasca operasi.
6. Mengobati AID atau HIV

Khasiat tokek untuk mengobati HIV atau AIDS memang belum bisa dibuktikan secara medis. Namun, banyak yang percaya dan sudah membuktikan jika tokek yang memiliki berat lebih dari 1 kg dapat mengobati penyakit menular seksual ini.

Saat ini, WHO juga sedang mengkaji uang manfaat tokek untuk menyembuhkan HIV. Namun, kemungkinan besar tokek memang bisa mengobati HIV karena dapat memperkuat sistem imun secara signifikan.
7. Mengobati Penyakit Kulit

Khasiat daging tokek untuk mengobati penyakit kulit memang sudah lama dikenal. Banyak yang membuktikan jika metode pengobatan penyakit kulit dengan tokek memang manjur. Cara kerja tokek dalam mengobati aneka penyakit kulit hampir sama dengan khasiat daging biawak dan daging cicak untuk mengobati gatal dan eksim.
8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi daging tokek mampu memperkuat sistem imun dari dalam. Manfaat daging tokek untuk meningkatkan kekebalan tubuh sudah terbukti dengan adanya kenaikan sistem imun pada thymus, yaitu kelenjar yang dapat memproduksi sel imun dalam pagosit, leher dan limfa. Selain itu, daging hewan ini juga membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat, urine dan juga feses.
9. Mengobati Asma

Gangguan pada sistem pernafasan biasanya dipicu oleh faktor keturunan dan alergi. Jika memang disebabkan oleh keturunan, daging tokek akan membantu memperbaikinya dengan meregenerasi sel. Sedangkan jika disebabkan oleh faktor alergi, daging tekek juga mampu mengatasinya karena mengandung anti alergi, termasuk juga alergi pada sistem pernafasan.
10. Mengatasi Flu dan Batuk

Karena memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, daging tokek juga mampu menangkis virus dari luar, termasuk juga virus flu dan batuk yang seringkali menjangkit ketika tubuh dalam kondisi drop.

Komentar